Microsoft word 2007 merupakan salah
satu aplikasi yang disediakan dalam Microsoft Office 2007. Berbeda hal nya
dengan Microsoft word 2003 microsoft word 2007 memiliki beberapa keunggulan dan
kemudahan dalam membantu kita mengerjakan pekerjaan tulis-menulis ,misalnya
menulis document, surat, famplet, kartu nama, brosur,dll dengan lebih baik.
Microsoft word 2007 telah mengalami
perkembangan dan perbaikan yang lebih baik dari versi sebelumnya yaitu word
2003. Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana
memaksimalkan penggunaan Microsoft word 2007.
Memulai
menggunakan Word 2007
Untuk menggunakan dan mengaktifkan
word 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1). Klik menu START pada taskbar
2). Klik All Programs → Microsoft
Office → Microsoft Office Word 2007
Mengenal
Bagian Dokumen / Interface
·
Tombol Office adalah
tombol yang terdiri dari perintah-perintah standar seperti membuka dokumen,
menyimpan dokumen dsb
·
Quick Access Toolbar adalah
toolbar yang berisi sejumlah perintah Customize quick access toolbar
·
Customize Quick Access
Toolbar adalah tombol untuk memodifikasi perintah-perintah
Microsoft Word 2007 pada Quick access toolbar
·
Tab adalah
bagian berbentuk tabulasi yang berisi sejumlah perintah sesuai dengan
kelompoknya yang terdiri dari grup perintah Tab Home, Tab Insert, Tab Page
Layout, Tab References, Tab Mailings, Tab Review dan Tab View
·
Tombol pengatur jendela
terdiri dari :
o Minimize
adalah tombol untuk meminimalkan jendela
o Maximize
adalah tombol untuk memaksimalkan jendela
o Close adalah
tombol untuk menutup jendela
·
Lambang tab adalah
ciri atau tanda posisi tab baris atau paragraf
·
Tombol dialog adalah
tombol yang digunakan untuk membuka kotak dialog serta memodifikasi
perintah-perintah yang disimpan di dalamnya
·
View Ruler adalah
bagian fasilitas untuk mengatur garis mistar secara horisontal dan vertikal
·
Ruler adalah
bagian fasilitas untuk mengatur margin atau tabulasi
·
Baris Penggulung adalah
bagian fasilitas untuk menggulung halaman kerja secara horisontal dan vertikal
·
Baris Status adalah
bagian fasilitas yang berisi nomor halaman, zoom dsb
·
Halaman Kerja adalah
media kerja berwarna putih yang tampak pada saat Microsoft Word 2007 diaktifkan
·
Pengatur Tampilan Halaman
Kerja adalah bagian fasilitas untuk mengatur penampilan
halaman kerja, seperti print layout, full screen reading, web layout, outline
dan draft
·
Zoom adalah
bagian fasilitas untuk mengatur media tampilan halaman kerja. Tombol plus untuk
memperbesar dan tombol minus sebaliknya.
Mengenal
Elemen Jendela Word
1. Menu Bar
Menu bar bisa dibilang sama seperti
menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub-sub menu. Menu bar terdiri atas
Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Jendela ini
umumnya berisi menu tool dan fitur lainnya yang memiliki fungsi tertentu.
Tampilan Ms. Word 2007 memiliki lingkungan kerja yang berisi kumpulan toolbar.
Secara keseluruhan terdapat 7 baris tab utama dalam Microsoft Word 2007.
Masing-masing tombol yang terdapat pada setiap tab Microsoft Word 2007 secara
maksimal. Berikut ini adalah tampilan dan masing-masing tab dalam keadaan aktif
beserta kelengkapan tombol perintah pengoperasian Microsoft Word 2007.
1.1. Home
Home merupakan menu utama yang akan
tampil pada saat pertama kali anda membuka word 2007. Menu home terdiri dari
toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph, style dan
editing serta clipboard.
1.2.
Insert
Tab ini digunakan untuk memasukkan
instruksi-instruksi ke dalam dokumen. Menu insert terdiri dari : Pages, Tables,
Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.
1.3
Page Layout
Tab page Layout digunakan untuk
mengatur tata letak data, yang meliputi Page Setup, memberiwarna background
pada lembar kerja, mengatur spasi antar baris, membuat kolom pada teks dan
mengatur indentasi. Menu page layout terdiri dari : Themes, Page Setup, Page
Background, Paragraph, Arrange.
1.4
References
Tab ini dugunakan untuk memasukkan
berbagai perintah seperti menuliskan footnote (catatan kaki), menyisipkan
gambar, dan membuat tanda citasi. Perhatikan tampilan tab references
Tab References. References terdiri
dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions,
Index, Table of Authorities.
1.5
Mailings
Tab ini berguna untuk membuat mail
merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label. Mailings
terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview
results, finish.
1.6
Review
Tab Review berguna untuk mengecek
kesalahan tata bahasa serta memproteksi dokumen. Review terdiri dari : proofing
Comments, Tracking, changes, Compare, Protect.
1.7.
View
Tab View digunakan untuk menampilkan
atau mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetakannya, dan menampilkan
garis bantu pada lembar kerja. Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan
layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi
dari tool-tool yang terdapat dalam menu View.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar